Islamic Finance Definition (Definisi Keuangan Islam)

Islamic finance definition atau dalam bahasa Indonesianya definisi keuangan islam merupakan perusahaan keuangan yang bergerak berdasarkan syariat islam yang ada. Finance itu apa sih ? finance merupakan perusahaan keuangan yang khusus dibuat untuk bada usaha. Berbagai macam usaha yang ada seringkali menggunakan jasa finance ini. Didalam perusahaan finance ini ada staff finance sendiri yang memiliki tugas dan juga tanggung jawab mengenai segala aktivitas keuangan. Tugas utama dari orang yang memiliki jabatan sebagai staff keuangan ini yaitu melakukan pengaturan keuangan, melakukan transaksi dan juga membuat laporan keuangan persuahaan. Orang yang menjadi anggota staff keuangan ini haruslah orang yang teliti, tekun, disiplin, dan juga jujur. Karena jika orang yang menjadi staff keuangan ini tidak memiliki kriteria seperti yang disebutkan tadi, akan memiliki dampak fatal bagi perusahaan karena dampaknya bisa ke arah keuangan perusahaan.

 

Sekarang ini berbagai macam usaha sudah bisa kita temui dan lihat. Berbagai macam perusahaan yang ada sekarang ini banyak menggunakan islamic finance. Berbagai macam perusahaan yang membuka usaha dan bekerja sama dengan keuangan islam ini akan menjadikan usaha yang dijalankan berkah dan terbebas dari unsur haram, riba, dan juga terbebas dari berbagi macam larangan syariat islam yang lainnya. Islamic finance definition memiliki arti yang luas dan keuangan islam sendiri ini merupakan salah satu dari sektor ekonomi islam yang telah berkembang dengan pesat dan keuangan islam ini selalu berdasarkan syariat islam yang berlaku.

 

Dengan berbagai macam Islamic finance definition yang ada seringkali membuat kita akan paham betul dengan yang namanya keuangan islam. Keuangan islam ini berdiri di atas fondasi syariah islam dan keuangan islam ini harus senantiasa sejalan dengan syariah, baik dalam spirit maupun aspek teknisnya. Di dalam ajaran islam sendiri, transaksi keuangan harus terbebas dari transaksi yang melibatkan haram dan berprinsip kepada kemaslahatan (bebas dari riba, gharar, riswah dan juga bebas dari maysir).secara umum dapat dikatakan bahwa keuangan islam harus ikut kaidah dan aturan dalam fiqih mu’amalah.